Evergreen Content & Cara Lain Membuat Trafik Blog Stabil Meski Jarang Posting

Momo 29 Dec 2016 - 16:40 2 Komentar




Membuat posting rutin pada blog adalah salah satu kendala yg suatu saat akan dialami para blogger, entah itu bagi pemula atau blogger lama.

Sulit rasanya jika tidak memiliki kemampuan menulis seperti saya untuk secara rutin membuat posting, rasanya mau berhenti ngeblog. Nothing.

Memang benar jika selalu mengupdate blog dgn rajin membuat posting akan membuat pengunjung blog naik, tapi itu bukanlah satu satunya cara agar trafik blog naik secara efisien, cara lain juga bisa dilakukan.

Solusi ini saya temukan dari blognya Mas Sugeng ketika saya kehabisan ide untuk membuat posting, blog itu menjadi referensi saya ketika mengalami kendala di dunia blogging. Setelah saya membaca artikelnya itu, ide posting muncul di benak saya. Kadang, blog yg masih terbilang basi seperti blog saya ini butuh banyak sekali referensi dari blog yg sudah memiliki reputasi besar, hanya dgn cara itu mudah mudahan blog yg sedang saya bangun ini ikut tarkena arus positif-nya. Baiklah ...





Apa itu Evergreen Content ?

Evergreen Content sendiri adalah sebuah postingan yang tetap relavan meski dibaca kapan saja, atau bahasa gampangnya konten yang tidak mudah basi. Sebagai contoh adalah Blog Mas Sugeng, dia jarang sekali update post tapi selalu mendapat pengunjung yg tetap, bahkan ada kenaikan setiap minggunya. Karena apa, karena sebagian blog itu berisi postingan Evergreen Content. Ada beberapa konten yg bisa di sebut sebagai Evergreen Content, seperti :

1. Artikel Tutor atau Panduan

Sudah pada tahu mengenai jenis artikel ini, sebuah artikel yg menerang langkah langkah membuat sesuatu seperti " Cara Membangun Sebuah Blog ", " Cara Membuat Akun AdSense " .

2. Artikel Definisi

Artikel ini menerangkan sebuah artikel yang menjelaskan arti, maksud atau konsep dari suatu hal. Contohnya topik blog ini adalah tentang bisnis, maka saya bisa menulis artikel tentang “ Apa itu Internet Marketing?”.

Artikel Definisi sudah tercengkup di Wikipedia, kenapa harus di remake ?

Tak ada salahnya kita membuat artikel bagus dgn gaya bahasa dan pemikiran kita sendiri, tentu akan lebih mudah untuk dipahami oleh pembaca.

3. Artikel Daftar

Artikel ini menampilkan daftar dari suatu topik. Artikel jenis ini biasanya terdapat angka pada judulnya. Berikut ini adalah beberapa contoh artikel daftar yang ada di blog ini:

# 6 Situs Traveling Online & Startup Travel Terbaik Yang Bisa Kamu Coba

# 19 Daftar Maskapai Penerbangan Indonesia

Hal penting yang perlu diingat ketika ingin membuat Evergreen Content adalah memastikan jika konten yang kita buat banyak yang ingin mencarinya. Percuma kalau kita bikin postingan yang nggak gampang basi tapi nggak ada peminatnya.

Cara Lain Selain Membuat Evergreen Content

Promosi Blog, merupakan sebuah cara paling sederhana & sangat mudah untuk dilakukan. Disamping kita sedang bermain sosial media, sering seringlah mengunjugi fanspage atau forum forum yg ramai untuk mempromosikan blogmu. Contoh fanspage facebook atau forum kaskus.



Kesimpulan...

Ada banyak cara untuk mengisi waktu luang jika tidak memiliki ide postingan, salah satunya adalah membuat trafik blog tetap terjaga tanpa harus selalu mengupdate konten. Selain itu jika sedang vacum post, bisa juga digunakan untuk mengedit post post lama, siapa tahu ada typo atau link/gambar yg belum teroptimisasi secara maksimal. Postingan ini adalah ringkasan yg saya buat setelah membaca artikel dari Blog mas Sugeng, termikasiih !





Komentar

2 Tanggapan dari "Evergreen Content & Cara Lain Membuat Trafik Blog Stabil Meski Jarang Posting"

Komentar terbaru ditutup

aplikasi youtube downloader